Sunday, May 03, 2009

Poli: Optimalkan Peran Guru BK

Menanggapi fenomena siswa yang mulai keranjingan meng-hirup perekat Ehabond, Wa-kadis Diknas Sulut, Drs Arnold Poli SH MAP angkat bicara. Menurutnya, salah satu cara untuk mencegah hal tersebut adalah mengoptimalkan peran guru bimbingan konseling di sekolah masing-masing.
“Masalah ini perlu ada pena-nganan koordinasi. Sebab hal ini merupakan awal dari mal-adjusment atau salah menye-suaikan diri sang anak, sehing-ga mereka mengambil kompen-sasi yang menurut mereka tidak masalah tetapi justru merusak mental mereka,” tegas Poli kepa-da Komentar Jumat (01/08).Menurut Poli, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengoptimal-kan peran guru bimbingan kon-seling. “Guru Bimbingan Kon-seling (BK) merupakan jantung sekolah. Mereka harus berkoor-dinasi dengan guru mata pe-lajaran, guru wali kelas dan orangtua siswa untuk mende-teksi sejak dini jika ada siswa-siswa yang mulai menunjukan gejala-gejala permasalahan pribadi,” jelas Poli.
Peran guru bimbingan konse-ling menurut Poli, sangat besar manfaatnya. “Jika mereka diop-timalkan maka akan dapat mencegah dari dini hal-hal ne-gatif yang muncul di sekolah terutama pada siswa. Sekali lagi ini harus ada koordinasi antara guru mata pelajaran, wali kelas dan orangtua siswa, sebab ken-dala yang dihadapi guru mata pelajaran dan wali kelas saat menangani siswa seharusnya dilaporkan ke guru BK untuk ditindaklanjuti,” ungkapnya.
Di sisi lain katanya, sekolah juga harus mengoptimalkan ke-giatan ekstrakurikuler, seperti Pramuka dan olahraga. “Ini akan menyalurkan minat bakat mereka agar mereka terhindar dari kegiatan tidak baik,” ung-kapnya.
Sebagaimana diberitakan ke-marin, Tokoh Masyarakat Mi-nut, Yossy Nelwan mengatakan, dirinya memantau dan menda-pat laporan orangtua siswa ada sekumpulan pelajar SMP dan SMA di wilayah Kauditan dan Kema yang menghirup perekat Ehabond. “Kami sebagai ma-syarakat tentunya prihatin. Ha-rapan kami pihak sekolah dan Diknas Minut segera turun tangan menyelidiki gejala-gejala ini,” pungkasnya.(irv)

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas Komentar yang anda berikan,,
Semoga dapat menjadi motivasi bagi kami penulis atau pengelola agar lebih baik...

( Maaf Komentar yang berisikan kata tidak senonoh/tidak sopan/mengandung unsur sara tidak dapat kami tampilkan)

Daftar Temuan